Wisata Taman Narmada di Lombok Alternatif Tempat Liburan Keluarga

Membawa seorang anak kecil untuk berlibur memang sudah hal wajibnya dalam berkeluarga, selain untuk menyenangkan hati mereka, juga menambah pengetahuan dan kenangan pada masa kecil mereka. Tidak hanya itu memberikan anak-anak berlibur tentu memiliki dampak yang positif dalam masa pertumbuhan mereka dan juga dapat meningkatkan tingkat prestasi anak anda.

Hal yang tersulit tentunya memilih tempat wisata yang pas buat anak-anak. Bila anda berdekatan dengan daerah Lombok, Wisata Taman Narmana merupakan salah satu alternatif buat anda untuk membawa anak-anak berlibur kesana. Berbicara soal tempat wisata di lombok memang tidak ada habisnya, sebuah kawasan rekreasi yang hampir mirip dengan Bali, yang menawarkan pesona pantai dan air laut yang pemandangannya sangat indah.

Wisata Taman Kerajaan Karang Asem di Narmada Adalah taman Narmada terletak di desa Lembuak Kecamatan Narmada, berjarak sekitar 10 kilometer dari kota mataram ke arah timur atau dari Bandara International Lombok sekitar 25 kilometer. Yang mana ketika kita memasuki Taman ini seolah olah kita berada pada jaman Kerajaan, karena taman ini berasitektur banguan berupa candi candi dengan pahatan dan dekorasinya yang selayaknya sebuah kerajaan.

Di lengkapi dengan tempat istirahat semacam pondokan atau dalam bahasa setempat di sebut ‘Berugak’, dan juga hamparan taman yang berisi pepohonan dan bunga yang asri, serta kolam yang bersumber dari Mata air Gunung Rinjani, yang mana mata air tersebut di buatkan tempat khusus untuk para wisatawan dan penduduk setempat pada khususnya yang memiliki kepercayaan mata air tersebut dapat membuat orang yang membasuh muka dan atau meminumnya akan awet Muda, karena itulah taman Narmada di kenal juga dengan taman mata air awet Muda.

Bacaan Terkait : Keindahan Wisata Danau Kelimutu

wisata taman nermada

Wisata Taman Narmada di Lombok

Sejarah Wisata Taman Narmada

Sejarah dari pembuatan nama Narmada direferensi dari Narmadanadi, sebuah anak Sungai Gangga yang konon katanya sangat suci berada di India. Air adalah suatu unsur yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia yang ada dibumi ini. Dan bagi umat Hindu sendiri kalau air itu merupakan sebuah unsur yang suci dan salah satu yang wajib dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup. Nama Narmada juga digunakan untuk menamai nama mata air yang ada di taman narmada ini.

Candi Taman Narmada Lombok

Fasilitas di Wisata Nasional Taman Narmada

Ada terdapat banyak fasilitas yang lebih dari cukup bagi wisatawan yang berkunjung.

  • Kolam Renang dewasa dan anak-anak.
  • Taman untuk bermain buat anak-anak.
  • Pondok tempat santai bersama keluarga.
  • Spot foto yang cocok buat instagramable.

Tempat makan (kuliner) dan yang paling terkenal makanan disana yaitu sate khas Lombok yang bernama Sate Bulayak, harga yang ditawarkan seporsinya juga cukup murah sekitar Rp 15 ribu rupiah.

Hal Terkait : Tempat Wisata Tanjung Pinang.

Taman Wisata Narmada
Taman Wisata Narmada Pict @travel.kompas.com

HTM (Harga Tiket Masuk) Wisata Nasional Taman Narmada

Harga tiket untuk masuk ke kawasan ini dikategorikan masih murah dengan fasilitas yang ada di dalamnya. Tiket masuk ke Taman Narmada ini adalah 5000-10.000 rupiah per orang.

Selain memang taman ini merupakan peninggalan Raja dari Kerajaan Karang Asem yaitu Raja Anak Agung Karang Asem, yang di gunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian Raja dan pengikutnya. Selain itu juga taman ini terdapat sebuah Pura Hindu yang khusus di gunakan sebagai tempat upacara yang disebut Pekelem, merupakan upacara yang di lakukan pada bulan purnama kelima oleh umat Hindu, selain juga pada hari hari Raya umat Hindu, dan upaca Piodalan Pura tersebut ( hari di peringatinya di bangunnya pura ) Setiap lokasi pada taman ini memiliki nama nama tersendiri yaitu :

1. Jabalkap sebutan untuk daerah Telaga kembar dan gapura gelang

2. Mukedes sebutan untu tempat yang terdapat bangunan Pura / Sanggah

3. Pasarean, sebutan untuk lokasi telaga padmawangi, balai Loji dan balai terang

4. Balai petirtaan sebutan untu lokasi pertemuan 3 sumber mata air ( mata air awet muda ) Bangunan lainnya di komplek Taman Naramada ini juga ada yang di sebut dengan Taman Anyar dan Taman Kelasa yang saat ini sudah menjadi perkampungan penduduk sekitar, sedangkan saat ini yang telah menjadi kebun buah buahan dengan buah utamanya adalah pohon manggis di sebut Taman Peresak.

Lokasi, Rute dan Map Menuju Kawasan Wisata Taman Narmada

Satu lagi keunggulan dari tempat wisata taman narmada ini yaitu untuk menuju kelokasi wisata sangat lah mudah, karena tempatnya cukup strategis bisa dilalui dari segala penjuru jalan disana. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat melewati rute Mataram, Cakranegara, Swetra, Bertais sebelum akhirnya tiba di Narmada.

Tidak hanya itu wisatawan juga bisa membawa motor kendaraan roda dua dan bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi jangan berkecil hati, karena disana juga menyediakan angkutan umum agar bisa mencapai titik lokasi wisata. Baca juga : Destinasi Wisata di Aceh.

Related Posts

Leave a Comment