Keindahan Tempat Wisata Danau Kelimutu Mistik & Bersejarah

Wisata Danau Kelimutu merupakan sebuah gabungan dari kata keli yang berarti gunung dan mutu yang berarti mendidih sehingga dapat diartikan Gunung yang mendidih berada di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Pulau Flores ini. Selain wisata Komodo, ada juga kampung tradisional Bena dan Taman Laut Riung dan danau yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata disana. Danau ini juga menyuguhkan pemandangan yang tak lazim yaitu danau 3 dengan warna yang pada waktu waktu tertentu warnanya dapat berubah, menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Bagi pencinta alam atau pengunjung yang ingin berwisata ke Kelimutu ini sedikit membutuhkan tenaga agar mencapai puncak, tidak rekomendasi membawa anak-anak. Karena akan sedikit kewalahan untuk mencapai spot pemandangan di puncak. Kawasan wisata ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari manca negara, yang tidak hanya mencari pesona dari Danau Kelimutu ini, mereka juga sering melakukan penelitian terhadap warna air yang ada di danau tersebut.

Pemandangan Danau Tiga Warna Kelimutu yang terdapat di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, memang penuh misteri yang tak terselami hingga saat ini.Perubahan warna danau yang sering terjadi di tiga kawah terpisah bekas letusan Gunung Kelimutu itu menjadi sebuah tempat wisata yang tidak ada duanya didunia.

Hal terkait : Tempat Wisata Lombok Tengah.

kalimutu
Kelimutu via tempatwisatamu.com
wisata danau kalimutu
wisata danau kelimutu Via [email protected]_ntt

Wisata Danau Kelimutu

Sejarah Danau Kelimutu

Menurut sejarah Danau Kelimutu ditemukan oleh Van Suchtelen, seorang pegawai dimasa Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1915. Dan secara luas diperkenalkan oleh Romo Bouman yang membuat sebuah artikel mengenai Danau Kelimutu ini. Keanehan juga sering terjadi di Danau Kelimutu ini, karena warna ketiga danau tersebut sering mengalami perubahan warna yang tak menentu. Dulu pada saat diperkenalkan Danau Kelimutu ini berwarna, merah, putih dan biru, dan setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, banyak juga yang mendokumenkan perihal tersebut, danau yang sekarang berubah lagi menjadi warna hitam, sebuah keajaiban misterius yang sulit dipecahkan. (Referensi : id.wikipedia.org)

Bila dikaitkan dengan sebuah danau yang magis tentu ada cerita sejarah dibalik fenomena danau yang memiliki 3 warna ini. Menurut dari pengakuan warga yang ada disana warna-warni danau memiliki arti yang memdalam yaitu Biru dinamai “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”, diyakini masyarakat setempat dalam danau biru ini menjadi tempat berkumpulnya arwah dari orang-orang yang telah meninggal di usia muda. Kemudian untuk merah dinamai “Tiwa Ata Polo” yang diyakini menjadi tempat berkumpulnya arwah orang-orang yang semasa hidupnya gemar melakukan perbuatan jahat. Dan untuk putih dinamai “Tiwu Ata Mbupu” disinilah arwah leluhur masyarakat Kelimutu yang meninggal di usia tua bersemayam, sedikit mistis bila kita lihat dari artian tersebut.

danau kalimutu
Danau Kelimutu via [email protected]

Potensi dan Daya Tarik Danau Kelimutu

Bila kita sebagai pelancong, sudah tentu mencari apa daya tarik dan potensi tempat wisata yang ada disuatu tempat, begitu juga dengan hal nya kelimutu ini. Daya tarik yang paling menonjol di kawasan eksotis Kelimutu ini yaitu sebuah pemandangan danau yang menakjubkan dan memiliki cerita mistis, keunikan warna air danau dan bisa sebagai tempat melihat matahari terbit dan tenggelam di atas puncak. Dan hal yang paling dicari yaitu Danau Ata Polo yang pernah berubah warna dari cokelat dan hijau tua menjadi merah hati. Atau di danau Ata Mbupu, warnanya bisa berubah dari cokelat tua menjadi hijau kecokelatan, sedangkan Nuwa Muri Koo Fai dari biru dan hijau muda berubah menjadi biru telur asin.

Terkait : Danau Situ Lengkong Panjalu.

Daya Tarik Danau Kalimutu
Daya Tarik Danau Kelimutu Pict @instagram.com/adi_spoetra/

Rute Untuk Mencapai Danau Kelimutu

Bagi sebagian pengunjung memang kurang tahu bagaimana prosedur untuk mencapai tempat kelokasi ini, kalaupun anda baru pertama kali datang ke Danau Kelimutu ini, disana akan ada tertera kantor informasi sebagai tempat untuk bertanya, tidak hanya itu saya rasa setiap areal wisata pasti memiliki seorang Guide yang bertugas sebagai pengantar wisata yang baru datang, dan biasanya akan dikenakan biaya tergantung harga dari kesepakatan.

Untuk memperjelas rute yang ada di kelimutu ini, destenasi.com akan memberikan rute secara garis besar untuk sampai menuju ke kawasan wisata danau kelimutu ini.

Pertama anda harus ke Sumbawa Besar dulu lalu ke kota Dompu dilanjutkan ke Bima setelah sampai baru ke Sape lagi. Setelah sampai di Sape anda harus menyeberang melalui kapal fery untuk menuju ke Labuan Bajo. Nah, bila sampai di Labuan Bajo selanjutnya ke Kabupaten Ende.

Untuk mencapai danau yang terletak sekitar 51 kilometer arah timur dari Kota Ende itu, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Ende, juga bisa menggunakan bus antar kota. Pemandangan di kawasan itu sangat memesona. Kabut putih tebal yang bergerak perlahan menutupi puncak Gunung Kelimutu ( kurang lebih 1.640 meter di atas permukaan laut) merupakan salah satu pemandangan yang sangat khas di sekitar tiga danau berwarna di atas puncak gunung.

Setelah sampai  di Ende, Anda bisa langsung ke desa Moni, yang merupakan desa dibawah kaki gunung kelimutu ini. Untuk mencapai Gerbang Kelimutu National Park dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dan jarak dari desa Moni sekitar 1 km.

rute perjalanan kalimutu
Rute Perjalanan Kelimutu Pict @thpc.id

Fasilitas yang terdapat di Danau Kelimutu

Di Danau Kelimutu ini terdapat berbagai fasilitas untuk pengunjung (wisatawan), pondok untuk peristirahatan bagi yang ingin mendaki ke puncak, warung untuk membeli kebutuhan sebelum mendaki, Toilet, Pernak-pernik atau toke souvenir buat kenang-kenangan.

Dan untuk masuk ke dalam kawasan wisata dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu untuk wisatawan domestik dan kalau manca negara bisa mencapai Rp 100 ribu, karena sudah dibandu dengan Guide, agar perjalanan menjadi enjoy dan santai.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat memakai sampan untuk mengitari danau yang ada di Kelimutu ini.

Berkapal di danau kelimutu
Berkapal di danau kelimutu pict @wendyprakoso
perjalanan danau kalimutu
Fasilitas Danau Kelimutu Pict @pendakiajaran

Peta Lokasi Taman Nasional Kelimutu

Tak hanya menampilkan spot foto bagi instagramable di puncak gunung kelimutu, di kawasan wisata ini juga ada sebuah taman nasional yang bernama Arboretum yang memiliki luas lahan mencapai 5 Hektar dan dipenuhi berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi. Sudah layaknya seperti hutan alami tapi dirawat sedemikian rupa.

Dan berikut lokasi peta taman nasional dan danau Kelimutu yang berada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Sebelum pergi ke puncak gunung kelimutu, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu kebutuhan yang susah didapatkan disana, pakai pakaian tebal karena cuaca sewaktu pagi dan malam hari sangatlah dingin.

Baca juga : Wisata Alam Tanah Dieng.

Semoga perjalanan wisata danau kelimutu tidak kekurangan suatu apapun, tetap enjoy dan menikmati wisata yang ada di Indonesia.

Related Posts

Leave a Comment