Tempat Wisata Alam di Tanah Dieng Cocok Untuk Pendaki/Pecinta Alam

Destinasi wisata kali ini ditujukan khusus bagi pecinta alam yang suka dengan pegunungan yang berada ditanah Dieng yang merupakan salah satu objek wisata yang bisa berkemah. Untuk tempat wisata ini tidak cocok untuk keluarga yang masih memiliki anak-anak, karena untuk mencapai ke lokasi wisata dibutuhkan pengalaman dalam mendaki gunung.

Objek wisata di tanah Dieng memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di sana banyak terdapat pegunungan yang sangat indah untuk menyaksikan pemandangan dari dataran tinggi. Selain itu juga banyak telaga yang keindahannya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Kawasan Dieng ini masuk dalam dua kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan Dieng bisa dikatakan sebagai kawasan gunung api raksasa yang masih memiliki vulkanik aktif.

Objek wisata yang ada di Dieng

Telaga Warna

tempat wisata Telaga Warna

Telaga warna adalah sebuah danau yang air telaganya sering berubah warna, oleh sebab itulah dinamakan telaga warna. Air telaganya kadangberubah warna menjadi hijau, kuning, dan pelangi. Terjadinya air telaga yang berubah-ubah ini disebabkan karena telaganya banyak mengandung sulfur sehingga saat tersorot oleh sinar matahari air telaganya menjadi berubah-ubah.

Selain Telaga warna ada juga terdapat tempat wisata di daerah ini seperti bukit Sidengkeng, Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Jaran, dan Goa Pengantin. Dan hal ini dapat mempersingkat waktu jika pengunjung dapat menjelajahi semua area wisata yang ada di wilayah ini.

Telaga Pengilon

Tempat Wisata Telaga Pengilon

Telaga Pengilon diartikan sebagai air jernih. itu mungkin dikarena airnya sangat bersih dan jernih bisa digunakan untuk bercermin. Sedangkan arti dari pengilon yang diambil dalam bahasa jawa yang dapat diartikan sebagai tempat bercermin. Sehingga penggabungan kata dapat dinamakan bisa melihat jatidiri dan lubuk hati yang sesungguhnya.

Jika orang yang bercermin memiliki budi pekerti luhur dan hati yang baik maka orang tersebut akan melihat wujudnya dalam keadan indah dan menawan mencerminkan apa yang ada didalam hatinya.

Tapi jika orang yang bercermin itu memiliki budi pekerti yang tidak baik maka dia akan melihat wujud dirinya dalam keadaan yang tidak baik. Setidaknya inilah mitos yang berkembang di masyarakat Dieng sampai sekarang.

Bukit Sikunir

Tempat Wisata Bukit Sikunir

Tahukah anda ternyata Bukit Sikunir ini merupakan salah satu tujuan wisata untuk melihat matahari terbit. Bukit ini memang tidak sebesar bukit lainnya tapi memiliki keindahan dan keunikan sendiri sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung. Dan banyak pula yang menyebut Sikunir ini sebagai surganya sunrise dan landscape bagi para pecinta alam.

Untuk menuju ke bukit sikunir ini, para pendaki akan disuguhkan pemandangan air yang bernama telaga terong, sehingga membuat pengunjung makin bersemangat untuk mencapai kepuncak Bukit Sikunir ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Sikunir adalah saat musim kemarau agar pemandangannya tidak tertutupi oleh awan, kabut, maupun asap.

Candi Arjuna

Tempat Wisata Candi Arjuna

Tempat lain yang direkomendasikan untuk dikunjungi di kawasan wisata Dieng adalah Candi Arjuna. Ada empat Candi utama yang ada di komplek ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Namun hanya Candi Arjuna yang memiliki Candi Sarana yaitu Candi Semar.

Di kawasan candi ini tidak ada arca seperti candi pada umumnya yang memiliki hiasan-hiasan arca. Karena arca-arca yang ada di komplek candi ini disimpan di museum Kaila sayang letaknya di depan pintu masuk komplek Candi Arjuna.

Demikianlah pembahasan dari destenasi wisata Dieng. Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi obyek wisata di Dieng, terhitung jumlahnya sampai belasan. Tetap cintai wisata Indonesia agar dunia lebih mengenal dan segera datang ke Indonesia, dan mendapat income dari hasil kunjungan wisatawan manca negara.

Related Posts

Leave a Comment