Tempat Wisata Tanjung Pinang Paling Diidamkan Para Pengunjung

Sudah pada tahukan dimana Tanjung Pinang ? Ya sebuah ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau, banyak yang belum mengetahui kalau Tj. Pinang ini sudah diresmikan menjadi ibu kota kepri dulu sempat kota Pekan Baru, lalu di tukar lagi ke Tanjung Pinang. Kita juga tidak tahu apa yang mendasari kenapa terjadi pergantian, namun itu bukanlah masalah bagi pengunjung seperti kita yang cinta wisata, yang pastinya di kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

Di Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) ini ada banyak sekali pulau-pulau yang di keliling laut dan pantai, sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya, tidak hanya menawarkan tempat wisata alam, di Tj. Pinang ini juga terdapat banyak wisata religi, sejarah, budaya hingga ke kuliner menambah kelengkapan saat berkunjung ke kota yang beriklim tropis ini.

Dari segi bahasa, bahasa yang sering dipakai di kepri ini adalah bahasa melayu, secara suku ada beragam yaitu suku melayu, suku bugis, suku minang hingga Tionghoa juga banyak disana, dari keragaman saja sudah dapat kita simpulkan bahwa tempat ini sangat layak di kunjungi, walau pun suku dan agama berbeda mereka tetap rukun dan bekerja sama dalam membangun kota kelahiran mereka.

Baca Juga : Destinasi Wisata di Aceh

Tanpa membuat anda penasaran, yuk ketahui tempat wisata apa saja yang ada di kota Tanjung Pinang ini dan menambah wawasan sebelum berkunjung.

wisata tanjung pinang riau
Kota Wisata Tanjung Pinang Riau

Tempat Wisata Tanjung Pinang

A. Wisata Alam

1. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi adalah sebuah pantai yang terletak di Kec. Bintan Utara. Pantai ini berdampingan dengan Bintan Resort. Dari ibukota Kabupaten Bintan yaitu Kota Tanjung Pinang Anda harus melakukan perjalanan darat sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi ini. Pantai ini dikelilingi resort-resort mewah. Sesampai di pantai ini Anda akan melihat sebuah pemandangan yang amat menakjubkan. Perpaduan antara pasir putih, nyiur melambai, pondok-pondok tempat santai, birunya laut dan ombak yang menenteramkan membuat Anda betah berenang atau pun sekedar bersantai di pantai ini.

Hal Terkait : Wisata Pantai Baron Jogja yang Instagramable

Wisata Tanjung Pinang Pantai Lagoi
Wisata Tanjung Pinang Pantai Lagoi Pict Instagram @tanyabaracchi

2. Pantai Trikora

Terdapat di sebuah Desa bernama Malang Rapa Kec. Gunung Kijang Pulau Bintan. Dari Tanjung Pinang berjarak kurang lebih 60 kilometer. Pantai ini menawarkan sebuah view yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Bintan. Pantai ini memiliki pemndangan hampir mirip dengan pantai-pantai di Bangka Belitung. Perpaduan antara pasir putih, birunya laut, dan hijaunya pepohonan serta batu granit besar merupakan pesona eksotis yang ada di pantai ini. Untuk fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap seperti adanya pondok-pondok tempat istirahat yang harga sewanya Rp. 30.000,- dengan waktu sepuasnya, sewa ban rata- rata Rp. 20.000,- sepuasnya, kamar mandi dan toilet Rp. 3000,- . Untuk menikmati view indah pantai ini sebaiknya Anda datang di pagi hari, agar puas menikmati pesona pantai ini.

Baca Juga : Tempat Wisata Lombok Tengah Paling Hits.

Wisata Tanjung Pinang Pantai Trikora
Wisata Tanjung Pinang Pantai Trikora Pict Instagram @genpi_bintan

3. Air Terjun Gunung Bintan

Ternyata Bintan tak hanya terkenal dengan pantai dan wisata bahari saja, ada tempat-tempat eksotis lainnya yang dapat Anda kunjungi seperti gunung dan air terjun. Salah satu air terjun yang populer adalah air terjun Gunung Bintan. Untuk mencapai lokasi air terjun in Anda harus melalui anak-anak tangga dari tempat parkir kendaraan Anda sekitar 15 menit. Air terjun ini sangat indah, karena aliran airnya sangat jernih dan sejuk. Serta bebatuan di tempat ini menambah keelokan air terjun ini.

Hal Terkait : Wisata Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Gunung Bintan
Air Terjun Gunung Bintan Pict Instagram @pringadisurya

4. Sungai Sebong Mangrove

Amazing, begitulah kata yang dapat diungkapkan ketika berada di Sungai Sebong yang terletak di Desa Sebong lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Menyusuri sungai indah ini akan memberikan ketenangan yang luar biasa. Sepanjang mata memandang terhampar pohon mangrove beragam jenis bakau, antara lain Pencil Roots Avicennia, Hibiscus tiliaceus, Nypafutricans, dan Stilt Roots Rhyzophora. Tempat ini sangan instragramable bagi Anda yang suka foto. Di danau ini Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti memancing ataupun hanya sekedar mengamati potret kehidupan nelayan di sini. Benar-benar perjalanan wisata yang mengesankan jika Anda berada di tempat ini.

Baca juga : 73 Tempat Wisata Pulau Samosir Sumatera Utara.

Sungai Sebong Mangrove
Wisata Tanjung Pinang Sungai Sebong Mangrove Pict Instagram @jessieluluuu

B. Wisata Religi

1. Vihara Avalokitesvara

Ingin menikmati perjalanan yang berbeda di Bintan, Anda dapat menjadikan Vihara Avalokitesvara sebagai salah satu objek wisata ketika Anda berada di Bintan. Vihara ini merupakan salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara. Vihara Avalokitesvara Graha ini terletak kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota Tanjung Pinang, tapatnya di kelurahan Air Raja kota tanjung pinang. Di vihara ini terdapat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha yang nobatkan Museum Rekor Indonesia menjadi patung Dewi Kuan Yin terbesar yang ada di dalam ruangan. Di Vahara ini terdapat patung seribu wajah yang begitu mengesankan. Bangunan Vihara ini sangat indah, ditambah dengan lingkungan yang bersih dan tertata rapi membuat tempat ini sangat layak untuk jadikan sbagai destinasi wisata dan latar bagi foto Anda.

Jangan Lewatkan : Wisata Sejarah Dan Budaya Danau Kelimutu

Vihara Avalokitesvara Bintan
Vihara Avalokitesvara Bintan Pict Instagram @lhomme_au_sakado

2. Masjid Raya Baitul Makmur

Masjid Raya Baitul Makmur merupakan salah satu objek wisata religi yang ada di Bintan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Bintan. Interior indah, suasana bersih dan nyaman akan membuat Anda khusyu beribadah di masjid ini. Nah, kunjungi masjid ini dijamin Anda akan terpesona dengan keindahannya.

Wisata Religi Masjid Raya Baitul Makmur Bintan
Wisata Religi Masjid Raya Baitul Makmur Bintan Pict @kemdikbud.go.id

3. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau telah tercatat sebagai situs cagar budaya pemerintah Indonesia. Masjid yang didominasi warna hijau dan kuning ini memiliki keunikan dalam hal arsitekturnya. Secara fisik memang masjid ini terlihat seperti masjid kebanyakan tapi saat menilik proses pembangunannya didapati bahwa salah satu material penyusun dinding masjid ini berasal dari putih telur tanpa menggunakan semen. Serta pembangunannya sendiri kabarnya memakan waktu hingga 40 tahun.

Masjid Raya Sultan Riau
Masjid Raya Sultan Riau Pict Instagram @like_riau

C. Wisata Sejarah

1. Tugu Pensil

Setiap kota wisata selalu punya landmark yang ikonik, untuk kota Tanjungpinang sendiri mempunyai Tugu Pensil yang letaknya berada di Jalan Haji Agus Salim. Tugu ini dibangun pada tahun 1962 dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Prijono. Sebagai pemanis di sekitar tugu ini juga dibangun taman cantik yang biasanya digunakan warga sekitar dan wisatawan untuk bersantai. Tugu Pensil dibangun sebagai simbol pemberantasan buta aksara sekaligus penghargaan bagi Kepulauan Riau yang mampu membebaskan daerahnya dari buta aksara melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an. Dari kawasan Tugu Pensil ini traveler bisa menikmati indahnya matahari terbenam dengan latar belakang Pulau Penyengat.

Wisata Tanjung Pinang Tugu Pensil
Wisata Tanjung Pinang Tugu Pensil Pict Instagram @harrllycraft

2. Makam Engku Puteri Raja Hamidah

Permaisuri Sultan Riau III Sultan Mahmud Syah Makam Engku Puteri Raja Hamidah, terletak di Pulau Penyengat, Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Propinsi Kepulauan Riau. Engku Puteri Raja Hamidah adalah anak Raja Haji Fisabilillah Yang Dipertuan Muda Riau IV.29 Ketika terjadi peperangan Raja Haji tewas melawan Belanda, kemudian perlawanan dilanjutkan oleh Raja Ali ibni Daeng Kemboja dan membawa Engku Puteri Raja Hamidah ke Sukadana dan Siantan, Mempaweh, Kalimantan Barat hingga kembali di Pulau Penyengat pada tahun 1844. Setelah pernikahan Engku Puteri Raja Hamidah dengan Sultan Mahmudsyah III, dan Pulau Penyengat sebagai maskawinnya maka yang sebelumnya sebagai kubu pertahanan, Pulau penyengat menjadi tempat kediaman permaisuri Sultan Kerajaan Riau-Lingga

Hal Terkait : Wisata Alam Air Terjun Curug Jenggala

Makam Engku Puteri Raja Hamidah
Makam Engku Puteri Raja Hamidah Pict @lindamarta.com

3. Gedung Tengku Bilik

Gedung Tengku Bilik ini memiliki 36 Bentuk bangunan ini merupakan ciri khas milik bangsawan Melayu pada akhir abad ke-19 seperti di Singapura (Istana Kampung Gelam), di Johor dan tempat lainnya di Semenanjung Malaysia. Bangunan ini masih relatif baik dan utuh dibandingkan dengan bangunan lainnya yang terdapat di Pulau Penyengat.

Baca juga : Wisata Alam Tanah Dieng.

Wisata Tanjung Pinang Gedung Tengku Bilik
Wisata Tanjung Pinang Gedung Tengku Bilik Pict Instagram @saputranandazn

D. Wisata Kuliner

1. Gonggong

Jenis kuliner pertama yang wajib traveler coba adalah Gonggong. Gonggong adalah sejenis siput yang memiliki rasa istimewa. Gonggomg juga dipercaya bisa menambah vitalitas bagi pria dewasa. Traveler bisa langsung menuju ke Bay View Restoran, di Jl Pantai Trikora KM 36, Teluk Bakau Bintan untuk menyisipi seporsi gonggong yang lezat.

2. Nasi Dagang

Sepintas, nama kuliner satu ini mirip nasi Padang, namun bukan. Nasi Dagang adalah kuliner unik serupa nasi uduk, dengan siraman kuar kari ikan tongkol. Sedapnya Nasi Dagang bisa traveler nikmati di RM Singgah Selalu, Jl Basuki Rahmat, Tanjung Pinang.

3. Bubur Pedas

Meski bukan khas Bintan, namun Bubur Pedas dari Tambelan satu ini rasanya patut untuk dicoba. Jika berkunjung kesana pengunjung wajib mencicipi makanan ini di RM Tambelan, Jl. Wiratno, Tanjung Pinang.

4. Kopi Hawaii

nama hawaii yang di pakai dalam minuman kopi hawaii ini bukanlah kopi yang berasal dari negara hawaii akan tetapi kopi lokal yang memang diberi nama kota hawaii. citarasa dan kekentalan kopi kadang membuat para penikmat kopi selalu ketagihan untuk meminum kopi ini. bukan karena candu akan tetapi karena rasa dan aromanya yang sangat nikmat. Baca Juga : Tempat Wisata di Donggala Palu Sulawesi Tengah.

Related Posts

Leave a Comment