Situs Gunung Padang Alternatif Tempat Wisata Alam dan Sejarah

Berwisata ke gunung dengan keluarga ? Kenapa tidak, apalagi tujuan wisata kali ini berkaitan dengan sebuah situs gunung yang memiliki cerita sejarah yang akan menambah pengetahuan bila dikunjungi. Saat pertama kali mendengar situs gunung padang, kita pasti beranggapan kalau tempatnya berada di Padang Sumatera, itu salah kaprah karena situs Gunung Padang ini berada di desa Karyamukti, kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Lokasinya juga berdekatan dengan Jakarta ibu kota Indonesia, sehingga tempat wisata ini sudah dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama Jakarta.

Menurut penuturan peneliti dan pengakuan warga setempat kalau awalnya dulu situs gunung padang ini ingin dijadikan sebuah istana megah oleh Raja Sunda, Prabu Siliwangi dalam waktu semalam. Karena itulah banyak berhamburan batu-batu persegi yang cukup besar disana, ntah hal apa yang membuat tidak terlaksana kita tidak tahu kenapa.

Sejak penjelajahan pertama oleh para arkeolog pada tahun 1914, situs itu dianggap sebagai bukit alami dengan struktur megalitik berusia 2500 tahun. Tetapi pada tahun 2010 ahli geologi Dr Danny Hilman Natawidjaja (yang meraih gelar doktor di Cal Tech) mengakui “bukit” ini sebagai piramida buatan manusia. (theeventchronicle.com)

Maka dari itulah situs gunung padang ini menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar untuk menjadikan sebagai tempat wisata sekalian belajar menambah pengetahuan dalam hal budaya dan sejarah.

Hal Terkait : Wisata Alam Tanah Dieng.

situs gunung padang
Situs Gunung Padang Pict theeventchronicle.com

Untuk mendapati hal-hal apasaja yang ada di tempat wisata situs gunung padang ini, website destenasi.com akan mencoba mengulas secara terperinci agar diketahui khalayak ramai bagaimana suasana disana, baik dari segi fasilitas, biaya harga tiket masuk, perjalanan menuju kesana dan lain-lain.

Situs Gunung Padang

Sejarah dan Asal Usul Situs Gunung Padang

Tadi sudah sedikit di ulas di awal paragraf, kalau tempat wisata situs gunung padang ini awalnya dulu ingin dijadikan sebuah tempat peristirahatan seorang raja. Dan berdasarkan penuturan peneliti Indonesia juga mengatakan kalau konon dulu ditempat ini ingin dijadikan piramid berupa candi (ahli geologi Dr Danny Hilman Natawidjaja).

(Dar referensi : en.wikipedia.org) Penuturan warga juga kalau gunung ini Terletak di 885 meter (2.904 kaki) di atas permukaan laut, situs ini mencakup sebuah bukit dalam serangkaian teras yang dibatasi oleh dinding penahan batu yang diakses oleh sekitar 400 anak tangga andesit berturut-turut yang naik sekitar 95 meter (312 kaki). Itu ditutupi dengan batu-batu besar persegi panjang asal vulkanik. Orang Sunda menganggap situs itu suci dan percaya itu adalah hasil dari upaya Raja Siliwangi untuk membangun istana dalam satu malam.

Sejarah Situs Gunung Padang
Sejarah Situs Gunung Padang @id.wikipedia.org

Daya Tarik Gunung Padang Megalithic Site

Salah satu yang paling menonjol daya tariknya yaitu sebuah tempat wisata yang mengedepankan cagar budaya dan sejarah, disertai juga dengan keindahan alam yang mempesona. Dapat juga dijadikan alternatif sebagai melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Konon katanya luas dari situs gunung padang ini melebihi luas candi borobudur di jogja, bagaimana kalau seumpama situs ini jadi dibuat ? pastikan akan menambah situs keajaiban didunia.

Daya Tarik Situs Gunung Padang
Daya Tarik Situs Gunung Padang Pict @serpihansurgaindonesia

Juga menikmati reruntuhan bebatuan yang menghiasi area perbukitan, dan berkhayal soal apa yang tersembunyi di dalamnya. Masih misteri dan masih mengundang perdebatan oleh para ahli. Jika suatu saat nanti penggalian benar-benar dilakukan, para ahli berpendapat bahwa bangunan yang tersembunyi di wisata gunung ini akan berukuran lebih besar dari Candi Borobudur, juga memiliki struktur yang kurang lebih serupa dengan Piramida Mesir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs di Gunung Padang dibuat sekitar 9.000 hingga 20.000 tahun lalu.

Pemandangan Situs Gunung Padang
Pemandangan Situs Gunung Padang Pict @serpihansurgaindonesia

Fasilitas dan Harga Masuk ke Situs Gunung Padang

Ada hal keunikan tersendiri jika kita berwisata ke situs gunung padang ini, tidak seperti gunung umum karena disana kita mendapati sebuah batu persegi yang cukup besar dan sungguh ajaib, bila dilihat secara logika mungkin pada era sekarang itu tidak lah mungkin dibuat dengan kekuatan manusia, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Berbicara soal fasilitas, disana terdapat warung makan, mesjid, toilet hingga pemandu untuk mencapai ke titik lokasi wisata. Disana juga terdapat banyak spot foto yang unik dan mengesankan tentunya.

Sedangkan untuk biaya masuk ke area wisata itu di kenakan Rp 5000/orang jika memakai jasa pemandu biasanya harga tergantung kesepakatan, dulu teman saya pergi ksana bersama rombongan dikenakan Rp 50 ribu sekali jalan.

Penuturan pemerintah disana juga sudah mencanangkan dana sebesar 30 miliar untuk mempercantik suasana wisata, ada pun itu nantinya seperti ruang bermain anak, taman, ruang untuk berolahraga, dan ruang terbuka hijau, semoga segera terealisasi agar semakin banyak pengunjung datang.

Baca juga : 73 Tempat Wisata Samosir.

Rute, Map dan Perjalanan Menuju Situs Gunung Padang

Untuk mencapai ke situs gunung padang cianjur ini, ada banyak alternatif yang dapat di tuju, baik itu dengan kendaraan pribadi, kendaraan bermotor dan bahkan bus angkutan umum juga tersedia ke sana.

Jika anda dari Sukabumi, bisa menggunakan rute jalur kereta api Siliwangi , Skabumi-Cianjur dengan harga tiket sebesar Rp 3000, jalur yang dilewati Stasiun Gandasoli , Cireungas, Lampegan, Cibeber dan waktu perjalanan untuk mencapai Cianur sekitar 1,5 jam.

Setelah sampai di Cianjur langsung bisa menuju ke Gunung Padang Jarak tempuh dari Cianjur ke lokasi wisata berkisar antara 20-30 kilo meter. Bisa memakai jasa ojek jika anda tidak membawa kendaraan.

Dan bila pengunjung memakai kendaraan tentu akan lebih mempermudah perjalanan, disana juga disediakan area parkir khusus buat anda yang memilih memakai kendaraan pribadi. Setelah sampai di parkiran Gunung Padang yang ditandai dengan gapura besar bertuliskan situs Megalith, pengunjung juga harus berjalan sedikit ke kawasan situs gunung padang yang berjarak antara 2 kilo meter. Bila anda malas berjalan, start parkiran juga ada jasa ojek untuk mengantarkan anda langsung ke lokasi.

Jalan Menuju Situs Gunung Padang
Jalan Menuju Situs Gunung Padang Pict @marvinuniputty

Untuk menuju kepuncak, pengunjung juga harus melewati jalan setapak dan anak tangga yang cukup menjulang tinggi, sedikit melelahkan memang, tapi apabila sudah sampai diatas, maka kelelahan anda akan terbayarkan dengan pesona alam dan pemandangan yang tak lazim.

Denah dan Map via Google Situs Gunung Padang.

Tekadkan niat anda untuk berwisata ke situs gunung padang ini, lebih asyik lagi bila anda berangkat dengan rombongan keluarga, teman kampus, sahabat atau organisasi cinta alam. Semoga perjalanan anda tidak ada halangan atau kendala, Tetap cintai eksotis wisata Indonesia.

 

Related Posts

Leave a Comment