Wisata Air Terjun Coban Rondo Alternatif Tempat Rekreasi Keluarga Outdoor

Coban Rondo merupakan air terjun yang berada di kawasan wahana wisata milik KPH Perum Perhutani Malang dengan ketinggian air terjun sekitar 94 meter. Kata coban sendiri berarti air terjun, sedangkan rondo berarti janda. Jadi, Coban Rondo berarti air terjun janda. Penamaan ini berdasar pada kejadian yang pernah terjadi di tempat itu. Kawasan Wana Wisata Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Dengan bantuan dari ahli sejarah, pihak pengelola berhasil mendapat gambaran bahwa dulunya di Coban Rondo merupakan daerah kerajaan. Ada pula legenda mengenai asal-usul terbentuknya nama Coban Rondo. Kedua hal ini secara tidak langsung menjadi salah satu daya tarik dari wisata ini. Di Coban Rondo ini ada ritual tiap tahun untuk slametan bersama yang diadakan oleh pihak pengelola.

Di sini slametan ada di tiga tempat, yaitu di Bumi Perkemahan, Mbah Punden Arumsari, dan yang terahir di dekat wisata air terjun. Dalam ritual ini PT Palawi memanggil masyarakat sekitar beserta sesepuh-sesepuh di Desa Pundensari. Tiap tahunnya menyembelih kambing, kemudian kepalanya ditanam di dekat air terjun, kemudian membuang sesajen di sungai dan ritual tersebut dilakukan saat malam hari.

Baca juga : Air Terjun Curug Jenggala

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo Pict @tabloidwisata.com

Sarana dan Alat Transportasi Menuju Coban Rondo

Sarana transportasi : Untuk mencapai wana wisata ini dapat menggunakan mobil, sepeda motor, atau bus. Pada gapura masuk, akan ada jasa ojek yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau wisata ini.

Aksesibilitas Coban Rondo

Untuk menuju ke air terjun wisata coban rondo ini hanya memiliki satu jalan untuk mencapai tempat ini, belum ada jalan alternatif, kalau pun pengunjung padat biasanya tidak akan terjadi kemacetan.

Papan penunjuk dapat ditemui di arah jalan yang menuju daerah ini.

arah dan papan tujuan coban rondo

Amenitas atau Semua Bentuk Fasilitas yang ada di Coban Rondo

Hotel/Penginapan

Akomodasi berupa wisma juga disediakan di dalam area wahana wisata oleh pihak pengelola. Satu rumah harga sewanya sekitar Rp 400.000,00 per malam. Bila per kamar antara Rp 60.000,00–Rp 150.000,00 per malam. Untuk berkemah pengelola menyediakan jasa peminjaman tenda. Untuk tenda dengan kapasitas 100 orang harga sewa Rp 400.000,00 sedangkan untuk tenda kapasitas 40-50 orang harga sewa Rp 325.000,00.

Semua itu berserta pemasangannya. Jadi pengunjung tinggal memakai. Untuk perkemahan jika ingin jasa penerangan ada biaya tambahan sendiri tergantung ingin pakai lampu apa dan berapa. Untuk satu lampu sewanya Rp 20.000,00.

penginapan wisata air terjun coban rondo

Rumah Makan/warung

Rumah Makan juga banyak tersedia disana warung dikelola oleh masyarakat dengan sistem bagi hasil dengan pengelola wana wisata, sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi warga sekitar.

Jasa komunikasi

Pemasaran mengenai objek wisata dari pengelola cukup banyak, misalnya melalui facebook, email, internet, situs resmi, penawaran surat, tv, media koran Kompas, salescall, menitipakan brosur ke Gramedia, stasiun, perhotelan. Dalam pemasarannya cukup menyebar, selain itu juga menitipkan brosur ke biro travel.

Wana Wisata Coban Rondo buka setiap hari pukul 07.0017.00 WIB. Batas malam bagi pengunjung ialah jam 19.00 WIB. Adanya batas jam malam karena kawasan tersebut membahayakan. Dalam jam itu pihak pengelola memberikan penerangan. Namun, penerangan yang ada tersebut tidak di sepanjang jalan, tapi hanya pada objek wisatanya saja.

Berkemah

Ketika berkemah pengelola memberikan jasa penerangan. Harga tiket harian Rp 8000,00 dan jika berkemah Rp 7000,00 yang berlaku untuk tiga hari.

Fasilitas air bersih tersedia di outbond yang ditawarkan. Air bersih dapat diambil tergantung mengambil air dari kran yang mana.

Pos keamanan

Di Coba Rondo ini pos keamanan khusus hanya ada dua, satu di depan dan yang satu ada di air tejun. Di mana dalam sehari bertugas keliling tiga kali. Sedangkan pada saat even-even tertentu PT Palawi bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Koramil untuk bidang keamanan. Selain itu pengelola juga mengajak para preman kampung untuk menjaga keamanan agar mereka tidak mengganggu jalannya acara. Dengan begitu mereka tidak akan mengganggu even yang ada di wahana wisata.

Poliklinik/kesehatan

Di Coban Rondo belum ada poliklinik/pos kesehatan, namun kalau ada even-even tertentu pengelola kerjasama dengan PMI Malang misalnya saat hari raya dan tahun baru, selain itu juga dengan RS di Oro-oro Ombo (RS Batis). Kalau hari sepi begini, apabila ada yang jatuh di sungai pihak pengelola langsung membawa ke rumah sakit. Dalam hal ini pihak pengelola sangat mengutamakan keselamatan pengunjung.

Jasa pemandu

Untuk wisatawan luar daerah, pihak pengelola belum memberikan jasa pemandu (guide). Pihak pengelola hanya menyediakan kantor pemasaran saja untuk memberikan informasi tentang Coban Rondo pada wisatawan yang membutuhkan informasi. Untuk wisatawan asing, biasanya mereka membawa guide sendiri dari hotel yang diinapi. Sedangkan wisatawan harian ini mereka langsung menuju tempat wisata tanpa perlu guide.

Papan Keterangan objek

Di setiap wahana ada papan keterangan yang menunjukkan nama objek/wahana tersebut. Sehingga memudahkan para pengunjung objek wisata mana yang ingin dikunjungi, sehingga mempermudah mengitari eksotis wisata yang ada di coban rondo ini.

Aktivitas

Wisatawan Pengunjung paling banyak saat libur tahun baru. Saat tahun baru, Coban Rondo buka semalam suntuk. Pihak pengelola tidak menyediakan kembang api untuk pesta penyambutan tahun baru, tapi para pengunjung membawa kembang api sendiri. Karena ramai, mulai jam 14.00 WIB jalan sudah mulai macet karena kendaraan yang masuk tersebut. Pengunjungnya diperkirakan sampai 8.000 orang. Mayoritas pengunjungnya muda-mudi terutama pengunjung harian, kalau untuk hari raya kebanyakan keluarga. Banyak kendaraan yang berplat B, H, L, dan dari luar kota lainnya.

Tubing

Pengunjung juga dapat bermain di sungai, salah satunya paling familiar disana yaitu Fun Tubing.

fun tubing di air terjun coban rondo
fun tubing di air terjun coban rondo Pict @wisatabackpacker.blogspot.com

Area Kebun dan Satwa

Sebuah area terbuka, dimana pengunjung juga dapat menikmati keindahan perkebunan di coban rondo ini dan dibarengi juga satwa yang dilindungi.

Bermain Paintball

Salah satu permainan yang cukup seru bila dilakukan dengan sesama rekan kerja atau keluarga, bermain pinball ini bisa diibaratkan kita lagi benar-benar berperang dilengkapi juga dengan senjata, helm, dan rompi anti peluru.

bermain paintball coban rondo

Labirin

Labirin juga ada di coban rondo, sebuah kubus terbuat dari batang daun kecil diukir seperti gang-gang kecil, sehingga sangat cocok buat anak-anak untuk bermain bersembunyi.

bermain labirin coban rondo

Sumber Pendapatan Penduduk

Penduduk sekitar membuka kios di dalam area wisata. Kios berupa warung makan, menjual pernak-pernik, makanan dan minuman ringan, dan sebagainya.

Pengelola

Swasta/yayasan Wana Wisata Coban Rondo memang dikelola oleh PT Palawi, namun secara administratif masih berada di Kelurahan Pundensari. Meskipun demikian,dalam hal pengembangan tidak ada campur tangan dari pihak kelurahan. Hal tersebut karena kita berada di pihak perhutani. Dalam hal pengembangan, pengelola langsung berhubungan dengan pemerintah daerah. Yang berhubungan dengan kelurahan misalnya saat ada perkemahan. Pihak yang akan mengadakan kemah meminta ijin pada pihak kelurahan.

Denah Lokasi Map Google

Demikian ulasan untuk artikel wisata air terjun coban rondo, bila mana ada kesalahan atau tidak sesuai dengan fakta dilapangan mohon dimaafkan, karena ini hanya menerangkan dari beberapa referensi yang terpercaya bila ada waktu atau rejeki berlebih anda juga bisa jalan-jalan ke pantai baron jogja, yang keindahannya tidak kalah dengan pantai di Bali.

Related Posts

Leave a Comment